Sunday, September 14, 2014

Cara mengecek backlink dengan akurat

Selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa website yang telah saya kelola mengalami penaikan peringkat yang cukup tinggi di beberapa kata kunci yang besar. Alangkah bahagianya Tapi, setelah saya perhatikan lagi baru-baru ini, pencarian saya yang sempat naik peringkat mulai tergelincir. Saya pun mulai mencari penyebab turunya SERP. Akhirnya saya ambil kesimpulan bahwa untuk kejadian ini penyebabnya adalah artikel yang saya posting dari beberapa tahun yang lalu dipandang sebagai out-of-date dan tidak lagi dihitung (ini cuma teori saya saja loh gan, kalo salah mohon dimaklumi yah ).

Akhirnya untuk mengatasi ini, saya mulai membangun baclink lagi melalui posting di berbagai forum, artikel direktori, guest posting dll. Tertarik untuk melihat apakah usaha saya yang terbayarkan, saya pun mencoba untuk mencari tahu jika backlink yang saya buat terhitung atau minimal bertambah jumlahnya dari yang sebelumnya. Tempat permberhentian pertama saya adalah Google, di mana saya menggunakan perintah [link:www.alamatwebsitesaya.com] pada kolom pencarian dan menemukan hasil yang sangat mengecewakan – hanya 23 backlink.

“Serius nih om?” Dalam hati saya berkata demikian.
Apa iya Google membuat kesalahan? Banyak dari link yang ditunjukkan adalah link lama yang telah saya buat dan ada sedikit backlink dari upaya terakhir saya membangun link. Saya pikir mungkin Google belum mengindeks backlink saya, jadi saya pun memutuskan untuk menunggu beberapa minggu dan mencoba lagi.
Anda tahu bagaimana hasilnya?? Hasilnya adalah serupa.

Frustrasi dengan hasil, akhirnya saya pun mencari backlink checker yang tidak berbayar bahkan sampai yang berbayar. Ini semua demi mengobati penyakit penasaran “backlink yang hilang.” Dan ternyata masing-masing alat yang saya gunakan menunjukkan hasil yang sama sekali berbeda.

Saya pikir jika saya memiliki masalah ini, orang lain juga harusnya begitu. Saya pun mulai bertanya kepada teman-teman se-profesi mencari jawaban untuk melihat apa yang orang lain lakukan. Pada kebanyakan forum, solusi yang ditawarkan adalah berbagai alat backlink checker tools yang sudah saya pakai. Beberapa bahkan mengatakan, “Jangan khawatir tentang jumlah backlink yang Google tunjukkan, jangan melihat peringkat Anda dan janganlah melihat apakah mereka meningkat.”

OK, saya pikir, jelas tidak ada cara mengecek backlink dengan akurat. Saya merasa agak kecewa dan memutuskan untuk membiarkannya.

Kemudian, beberapa hari yang lalu, saya tertarik pada sebuah video YouTube dari Matt Cutts, Kepala Google Tim Webspam, berbicara tentang backlink. Dalam video tersebut, seseorang bertanya “How accurate is Google’s backlink check? Are all no-follow backlinks filtered out or why does Yahoo/MSN show more backlink results.” “Bagaimana akuratnya Google dalam mengecek backlink? Apakah semua no-follow backlink disaring keluar atau mengapa Yahoo / MSN menunjukkan hasil backlink yang lebih.” Dan penjelasan Matt adalah bahwa Google hanya menunjukkan sampel acak backlink melalui fitur [link:]. Alasan itu bertujuan agar spammer tidak bisa menggunakannya, jika mereka menunjukkan semua backlink, spammer dan pesaing bisa menggunakannya untuk membalikkan peringkat seseorang.

Kabar baiknya adalah Google telah menyediakan solusi untuk Anda. Cukup mendaftar dengan Google Webmaster Tools dan Anda dapat melihat sebagian besar backlink yang telah Google indeks untuk website Anda. Anda perlu untuk memverifikasi situs Anda melalui Webmaster dan kemudian ikuti langkah berikut:
1. Di homepage webmaster tool, klik website Anda.
2. Pada menu sebelah kiri, klik ‘Traffic’ dan kemudian klik ‘Links to your Site”

Halaman ini menunjukkan link yang telah Googlebot temukan selama proses pengindeksan serta sumber backlink dan halaman di situs Anda dengan link yang paling. Anda juga dapat melihat teks anchor yang paling umum ditemukan oleh Google.

Membangun backlink harus menjadi bagian dari strategi optimasi mesin pencari Anda, karena Google melihat mereka sebagai ‘suara’ untuk situs Anda. Google Webmaster Tools sekarang menawarkan cara bagi Anda untuk dapat melihat berapa banyak backlink yang telah diindeks untuk website Anda, sehingga Anda dapat melihat hasil kerja link building anda terindeks atau tidak.

Ditulis Oleh : Bagus F // 6:16 AM
Kategori:

2 komentar :

  1. terimakasih banyak mas buat tutorialnya, sangat membantu..

    ReplyDelete
  2. tutorial yang sangat membantu sekali min, terimakasih...
    blower hp

    ReplyDelete